Pengertian paradigma

  • Pengertian Paradigma

  1. Suatu cara pandang bidan dalam memberikan pelayanan

  2. Keberhasilanpelayanan tsb dipengaruhi oleh pengetahuan & cara pandang bidan dalam kaitan atau hubungan timbal balik antara manusia, wanita, lingkungan, perilaku, dan pelayanan kebidanan serta keturunan.

  • Menurut kamus besar bahasa indonesia edisi ke-3 :

 paradigma adalah kerangka berfikir. Paradigma kebidanan adalah suatu cara pandang bidan dalam memberi pelayanan. Keberhasilan bidan dalam bekerja/memberikan pelayanan berpegang pada paradigma, berupa pandangan terhadap manusia/perempuan, lingkungan, prilaku, pelayanan kesehatan/kebidanan dan keturunan. Keberhasilan pelayanan tersebut dipengaruhi oleh pengetahuan dan cara pandang bidan atau hubungan timbal balik antara manusia, lingkunggan, perilaku, pelayanan kebidanan dan keturunan. 

  • Mustika Syofyan, et al, 2004; 18 

 Paradigma kebidanan adalah suatu cara pandang bidan dalam memberikan pelayanan. 

  • Atik Purwandari, 2008; 48

Paradigma berasal dari bahasa Latin/Yunani, paradigma yang berarti model/pola. Paradigma juga berarti pandangan hidup, pandangan suatu disiplin ilmu/profesi. Kebidanan dalam bekerja memberi pelayanan profesi berpegang pada paradigma berupa pandangan terhadap manusia/perempuan, lingkungan, perilaku, pelayanan kebidanan dan keturunan.

  • Endang Puspita, 2009; 45

Paradigma adalah cara pandang seseorang terhadap suatu objek. Paradigma kebidanan adalah suatu cara pandang bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan. Paradigma atau cara pandang seseorang terhadap objek berpengaruh dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan suatu tindakan. Begitu juga dalam kebidanan, paradigma seorang bidan sangat mempengaruhi pengambilan keputusan dan tindakan seorang bidan. Paradigma kebidanan sangat penting untuk diketahui agar para bidan mempunyai pandangan yang sama terhadap individu dan lingkungan yang akan dihadapinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates